Skip to content

Aku mencintai musik Underground

December 8, 2009

Saat itu aku duduk dibangku SMP kelas 2 dan mulai mengenal dengan apa yang disebut  Gaya dan Gengsi. Aku aktif mengamati setiap trend yang sedang berkembang baik dari teman-teman sekolah,majalah maupun televisi.Setiap hari minggu biasanya aku jalan bersama teman-teman ditempat-tempat yang asik seperti mall atau tempat rekreasi lainnya.Setelah bergonta-ganti gaya baik cara berpakaian,pergaulan,selera musik,penampilan rambut,modifikasi motor dan sebagainya,akhirnya aku menemukan sebuah Gaya yang beda dari yang lain.Yaitu gaya anak underground,saat itu temanku yang bernama Fian mengenalkanku pada sebuah musik yang ia sebut sebagai musik Underground.Saat ia mendengarkan musik itu dalam hatiku berkata “Musik apaan nih?nggak jelas banget!!” namun karna menghargai Fian yang sebagai sahabat karibku akhirnya akupun mempersilahkannya untuk menjelaskan lebih banyak soal musik Underground.Fian mengatakan bahwa musik ini adalah musiknya orang2 yang memiliki idealisme kebebasan yang tidak ingin terikat pada suatu norma dan suatu kemapanan.Dan seiring waktu berjalan akhirnya aku mulai menyukai musik ini dan merasa bahwa musik ini telah menjadi bagian dari hidupku (Entah setan apa yang mempengaruhiku). Ternyata tidak hanya Fian yang menyukai musik ini,saat itu sepupuku yang sedang menjadi buronan Polisi datang kerumahku untuk tinggal sementara bersama kelurgaku.Ayahku pun mengizinkannya karena kasian melihat keponakannya yang menjadi buronan.Ternyata sepupuku juga suka musik ini dan berbagi banyak cerita serta koleksi kaset Underground denganku.Hari-harikupun semakin sering diiringi oleh musik Underground dan tanpa terasa aku telah suka pada musik ini yang sebelumnya aku anggan aneh. Saat mendengar musik Underground aku samasekali tidak mengetahui lirik maupun sejarah musik ini karena memang saat itu kaset2 yang dimilik sepupuku tidak ada liriknya hanya berupa kaset tanpa bungkus. Seiring waktu berjalan a,akupun mencari tahu sendiri tentang musik Underground dan mulai mencari lagu-lagu maupun kaset2 band underground,apalagi setelah menginjak bangku kuliah dan mengenal yang namanya Internet akupun semakin banyak mengoleksi lagu Underground.Setelah sekian lama mengamati musik ini dan berusaha memahami makna lirik2 musik ini baik yang berbahasa Indonesia maupun berbahasa Inggris ternyata yang kutemukan adalah kesesatan dan benar2 nyata kesesatannya.Aku merasa sangat bodoh mengapa aku bisa menyukai musik ini,musik yang jelas2 membuat hati kita keras seperti batu,musik yang menjauhkan kita dari agama dan lingkungan sosial.Setelah menyadari semua itu,aku langsung berpaling 180 derajat dan sangat membenci musik ini!! Semua koleksi kaset Undergroundku telah kubakar habis!! Semoga aku tidak lagi terjerumus dalam kesesatan ini.

No comments yet

Leave a Reply

